UTS nih

Posted: October 11, 2011 in Uncategorized

UTS nih, jawabnya pake blog, keren juga dosennya.

langsung aja deh soalnya, soal yang pertama itu identifikasi dan jelaskan peluang, prospek dan kesempatan sebanyak-banyaknya bagi para mahasiswa dalam berkreasi dan inovasi.

jadi gini nih, sebagai mahasiswa pastinya itu keinginan dari sendiri kan bukan lagi disuruh sama orang tua buat ngelanjutin pendidikan? karena pada saat kita lulus SMA kan pastinya kita udah tau kita mau jadi kayak gimana pas gede nanti. buktinya, kita belajar mati-matian buat masuk perguruan tinggi yang kita mau. itu udah ngejelasin tujuan kita kan?

nah, pola pikir calon mahasiswa yang seperti itu menurut gue udah jadi modal untuk kita kedepan. soalnya pas kita udah diterima jadi mahasiswa di tempat yang kita mau, kita pasti bangga dong? dan dengan bangga itu, lo pastinya pengen orang tua lo tau kalo lo pengen yang terbaik di hidup lo. dan hal itu yang ngedorong kita buat melakukan berbagai hal yang amazing menurut gue. banyak mahasiswa yang udah ngelakuin hal-hal tak terduga dan akhirnya malah sukses. contohnya ga jauh-jauh ya pencipta Microsoft, Bill Gates. dia rela loh ngelepas statusnya sebagai mahasiswa harvard buat memulai bisnis dia sendiri. dan apa hasilnya? ya komputer yang kita gunain buat bikin blog ini dong. dan itu pastinya menjelaskan kan kalo sebenarnya kita sebagai mahasiswa bisa menciptakan sesuatu yang sangat-sangat brilian demi masa depan kita sendiri. caranya? ya mau berusaha dong, dan yang pasti tidak takut untuk gagal.

berikutnya, kita bahas masalahnya. apa sih sebenarnya yang menghambat mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi?

sebenarnya ada ga sih masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa dalam berkreasi dan berinovasi? oh sudah tentu. mau tau contohnya?

ini dia masalah-masalahnya :

1. berusaha memecahkan masalah hanya dengan 1 solusi. tidak terbiasa dengan pandangan-pandangan lain.

2. terlalu banyak berpikir dengan logika. sehingga mengindahkan imajinasi dan kreatifitas.

3. terlalu berkutat pada peraturan. pemikiran tidak elastis.

4. takut salah dan gagal.

itu contoh-contoh masalah yang dihadapi oleh hampir semua mahasiswa karena gue pikir mereka terlalu dikekang dalam hal belajar. seharusnya mereka bisa mencari solusi yang lain jika merasa terlalu terikat dengan suatu peraturan.

dan untuk mengatasi hal tersebut, menurut gue, salah satu caranya belajar untuk membuka pikiran lo. salah satu penghambat dari kreatifitas adalah pikiran yang terlalu kaku kan? berusahalah untuk membuka pikiran lo itu dengan banyak ngobrol atau bersosialisasi dengan orang yang kreatif. kenapa begitu? karena pendapat gue, kreatif itu nular loh. mungkin ga bisa dibuktiin, tapi gue pribadi ngerasa kayak gitu. gue dulu pas SMA mana pernah kepikiran ataupun ngelakuin sesuatu yang out of the box. gue dulu orangnya pendiem banget, sampe bersosialisasi aja gue anggap hal yang ga penting. tapi gue sadar setelah gue kuliah, sosialisasi itu nomor 1. karena mau sepinter apapun lo selama kuliah, kalo lo ga punya temen ya sama aja boong. lo ga bakal sukses!

kesimpulannya, persiapkan diri lo untuk suskes dan buka pikiran lo. banyak jalan untuk sukses tapi inget, rezeki ada di tangan orang yang mau berusaha dengan bantuan dari Allah SWT. banyak-banyak bergaul dan jangan lupa berdoa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s